Laksanakan Program NGEBUTS, Sekolah Pasca Sarjana UTS Sosialisasi di KSB

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. University
  6. /
  7. Laksanakan Program NGEBUTS, Sekolah Pasca Sarjana UTS Sosialisasi di KSB

Sekolah Pasca Sarjana UTS Sosialisasi di KSB

Dalam mendukung program kerja Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terutama penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bentuk UTS mengajar dan melaksanakan program NGEBUTS, Kamis, 10 Maret 2022, Sekolah Pasca Sarjana Program Studi Manajemen Inovasi UTS melakukan sosialisasi kepada para Kepala Sekolah SMA/SMK se-Kabupaten Sumbawa Barat di Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KSB. Dalam kesempatan tersebut Kepala Cabang Dikbud KSB Suprianto, S,Pd.Bio melalui telpon seluler menyampaikan permohonan maafnya bahwa  belum bisa hadir bersama tim dari sekolah Pascasarjana UTS karena sedang ada tugas dinas di luar Kota dan beliau mewakilkannya kepada kepala bagian Tata Usaha KCD KSB.

Kegiatan Sosialisasi dipimpin langsung oleh Direktur Pasca Sarjana UTS, Dr. Ahmad Yamin, SH.,MH.

Kepada media ini Dr Ahmad Yamin SH MH yang akrab di sapa Dr. Iyong, mengatakan bahwa Sekolah Pasca Sarjana UTS Program Studi Manajemen Inovasi merupakan program studi yang multi disipliner yang dapat diikuti oleh berbagai displin ilmu atau jurusan seperti para pendidik  yang telah menempuh pendidikan sarjana strata satu (S1).

” Jika dibandingkan dengan program studi Pascasarjana di Universitas lain yang ada diseluruh Indonesia, sekolah Pascasarjana UTS biayanya sangat terjangkau dan juga menawarkan skema beasiswa kepada pendidik melalui proses seleksi yang ketat. UTS juga telah menjalin kerjasama dengan banyak SMK, baik di Kabupaten Sumbawa maupun yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat”. Tutur Dr Iyong.

 

Sekretaris Sekolah Pasca Sarjana Dr.Umar saat sosialisasi Sekolah Pasca Sarjana UTS

Pada kesempatan yang sama Dr. Umar, selaku Sekretaris Sekolah Pasca menyampaikan bahwa sekolah Pasca sarjana UTS mempunyai kurikulum yang sangat variatif berdasarkan konsentrasi peminatan mahasiswa dan khusus untuk para pendidik (guru) Sekolah Pasca Sarjana UTS Program Studi Manajemen Inovasi menawarkan manajemen pendidikan.

“Apapun jurusan dari Bapak Ibu guru dapat dapat didekati dengan manajemen pendidikan. Manajemen inovasi menurut Dr. Umar, merupakan satu-satunya program studi Pasca sarjana yang ada di wilayah Timur Indonesia. Sekolah Pasca Sarjana UTS mempunyai dosen yang berasal dari lulusan luar negeri baik dari Universitas yang ada di Amerika, Eropa dan Asia terutama yang berasal dari lulusan Universitas ternama yang ada di korea Selatan. Bahkan sebagian Besarnya dari lulusan Luar negeri” Imbuh Dr. Umar

Kemudian lanjutnya, Kepada bapak ibu tidak perlu ragu untuk melanjutkan kuliah di pasca Sarjana sebagai ASN karena ada SE Menpan-RB nomor 28 Tahun 2021 tentang pengembangan Kompetensi bagi pegawai Negeri sipil melalui Jalur Pendidikan. Pada SE tersebut para PNS atau ASN dapat meningkatkan kompetensi melalui jalur pendidikan di Perguruan tinggi yang terakreditasi baik secara daring maupun secara luring.

Pada kesempatan tersebut, turut serta bersama Tim Pasca UTS, Agus Irawan Sahmi, S.Pd., M.M.INOV, selaku alumni dari Sekolah Pasca Sarjana UTS angkatan VI, putra asli KSB dan juga tokoh Budayawan Sumbawa dan Sumbawa Baat yang menyampaikan testimoninya. 

Bang AIS sapaan akrab beliau menyatakan bahwa melanjutkan studi di program Pasca Sarjana UTS merupakan suatu hal yang mengasyikkan.

“Janganlah saudara bayangkan kalau saudara-saudara para guru melanjutkan studi merupakan suatu kegiatan yang sama dengan waktu kuliah S1 yang berada di kelas konvensional yang duduk  mendengarkan dosen menyampaikan materi, tapi kuliah di program pasca sarjana UTS dosen menyampaikan materi pembelajaran secara inovasi dengan sisten Daring dan luring, menyelesaikan kasus aktual dengan pendekatan strategi inovasi, pembelajaran sehingga mahasiswa tertantang untuk menyelesaikan kasus-kasus tersebut dengan diskusi sambil mengakses literatur yang memang sudah tersedia dan sangat banyak melalui akses internet yang sangat memadai saat ini”.

Pada sosialisasi di Kantor Cabang dinas Pendidikan dan Kebuyaan Kabupaten Sumbawa Barat, para guru sangat antusias dan akan segera mendaftar untuk menjadi mahasiswa Pasca sarjana, yang sekarang ini masuk sebagai angkatan ke IX.